2

Baca Pesan WhatsApp Tanpa Ketahuan

Kita semua pernah melakukan ini: membaca sebuah pesan WhatsApp namun tak punya waktu atau sedang malas untuk menjawab dengan segera. Sayangnya di aplikasi perpesanan ini, sang pengirim akan tahu kita sudah membaca pesan mereka, sehingga jika kita tak memberi respon cepat, kita akan dinilai kurang sopan. Namun sebuah trik WhatsApp baru kini bisa menjauhkan kita dari skenario tak mengenakkan ini.

Seperti yang sudah dikettahui para pengguna WhatsApp, aplikasi ini akan memberi kita notifikasi bahwa pesan telah dibaca dengan menunjukkan dua tanda centang biru di samping pesan. Sedangkan, satu centang abu-abu berarti pesan terkirim, dan dua centang abu-abu berarti pesan telah diterima oleh tujuan. Dua centang biru artinya pesan kita telah dilihat.

Untuk menghindari pesan menjadi tertanda biru setelah kita baca, kita bisa melakukan trik ini: gantilah ponsel menjadi mode pesawat sebelum membuka pesan WhatsApp yang ingin kita baca. Artinya, aplikasi tersebut akan menjadi offline, namun setiap pesan yang kita terima sebelum ponsel offline akan tersedia pada cache untuk dibaca. Untuk memastikan tanda biru tak muncul, ttuplah WhatsApp sebelum kembali mengaktifkan ponsel.

Namun, jika kita tak ingin repot-repot mematikan konektivitas ponsel hanya untuk menghindari situasi tak nyaman, ada metode lain pula. Rute kedua adalah dengan menghilangkan sistem centang itu sama sekali. Untuk ini, kita bisa menuju ke pengaturan WhatsApp, memilih menu akun (account) dan privasi (privacy). Kita tinggal menonaktifkan tab notifikasi pembacaan dan penerimaan. Namun, hal ini juga berlaku bagi kita. Kita tak akan bisa melihat jika pesan yang kita kirim dibaca sang penerima atau tidak.




Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com