SAM_0294

Asus Zenfone 2 Laser (ZE500KL)

8

Harga Terjangkau, Kamera Memukau

Sudah menjadi ‘tradisi’ Asus, dalam setiap seri produknya selalu hadir dengan beberapa varian. Termasuk dalam seri Asus Zenfone 2 Laser yang juga muncul dalam varian ZE500KG dan ZE500KL. Dengan demikian, pengguna dapat memilih salah satu diantaranya sesuai dengan kebutuhan serta dana yang dimiliki.

Kali ini kami akan menguji kemampuan Asus Zenfone 2 Laser (ZE500KL) dalam varian memori RAM 2GB dan memori internal 16GB. Perbedaan utama antara ZE500KG dan ZE500KL adalah penggunaan fitur jaringan, dimana untuk varian ZE500KL ini sudah dilengkapi koneksi cepat 4G LTE dan kamera utama 13 megapiksel.

Desain
Fisiknya sangat identik dengan Zenfone series lainnya, dimana sisi belakangnya dibuat melengkung sesuai dengan kontur telapak tangan manusia. Dengan ukuran layar 5 inci, terlihat cukup kompak dan nyaman digunakan dengan satu tangan. Begitu pula tampilan depannya, di bagian atas terdapat logo ASUS, lengkap dengan earpiece, light sensor dan LED indicator serta sebuah kamera 5 megapixel di bagian depannya. Adanya indikator LED ini cukup berguna untuk memberikan notifikasi saat ada pesan, panggilan tak terjawab atau  email yang masuk. Sehingga Anda tidak harus membuka kunci layar hanya untuk mengecek pesan yang masuk.asus zenfone 2 laserPenempatan tombol juga tidak ada yang berubah, dimana tombol power ada diatas sedangkan tombol volume diletakkan di belakang bersama dengan kamera utama. Sedangkan dibawahnya ditempatkan port micro USB yang berfungsi sebagai charging, menghubungkan perangkat ke komputer serta sudah memiliki fitur USB OTG. Untuk USB OTG, perangkat ini masih sanggup membaca flahdrive berkapasitas 32GB. Jadi Anda bisa menyimpan file besar seperti video dalam flashdrive untuk menghemat penggunaan memori internal.

Layar
Dari sisi layar, Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL ini masih menggunakan layar dengan bezel yang tipis. Rasio antara bodi dan layar yang lebih baik dengan kisaran 67,1%. Resolusi layarnya sudah HD 720 x 1280p dengan kedalaman piksel 294 ppi yang mampu menampilkan gambar dengan kualitas cukup cerah dan tajam. Layar ini juga sudah mendukung touch screen hingga 10 jari dan proteksi melalui penggunaan lapisan Gorilla Glass 4 yang lebih kuat 2 kali ketika terjatuh, 85% lebih tahan gores dan 2.5 kali lebih kuat dibandingkan dengan layar biasa.

Yang menarik adalah keberadaan fitur Glove Hand Mode, itu artinya Anda masih bisa menyentuh layar meski menggunakan sarung tangan. Tentunya fitur ini sangat membantu untuk pengguna yang menggunakan motor untuk beraktivitas. Anda juga tidak perlu khawatir jika bekas sidik jari akan membuat layar kotor. Sebab perangkat ini dibekali dengan Anti Fingerprint Coating yang bisa mereduksi bekas sidik jari anda hingga 24% dibandingkan dengan smartphone lainnya.Screenshot_2016-01-05-10-55-18Tidak hanya itu, tingkat sensitivitas layarnya sangat responsif. Menggeser antar screen di menu home screen berjalan cukup smooth tanpa lagging. Apalagi saat memanfaatkan fitur ‘double tap to wake’ yang merupakan salah satu fitur dari Zenmotion. Fitur double tap to wake ini bisa digunakan untuk mengaktifkan atau mematikan  layar hanya dengan mengetuk layar sebanyak 2 kali. Selama menggunakan itur ini kami tidak merasakan adanya masalah, layar dapat mengenali ketukan 2 kali dengan akurat.

Kamera
Berbeda dengan seri ZE500KG, kamera di Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL ini sudah mengalami peningkatan dari sisi resolusi. Jika ZE500KG dilengkapi dengan kamera utama 8 megapixel, maka di ZE500KL ini sudah dibekali kamera utama 13 megapiksel di bagian belakang. Diluar itu, fitur pendukungnya tetap sama, mulai dari kamera depan 5 megapixel hingga teknologi yang ditanam. Seperti bukaan aperture f/2.0 untuk memberikan hasil foto lebih terang karena dapat mengambil cahaya lebih banyak di dalam gelap.

Dan satu fitur utama yang ditonjolkan di kameranya adalah pembekalan teknologi laser autofocus yang akan memberi kecepatan auto fokus saat mengambil foto. Asus mengklaim fitur laser autofokus ini memiliki kecepatan 0,03 detik untuk menghasilkan fokus yang optimal. Itu artinya Anda dapat mengambil foto dengan auto fokus yang cepat, terutama untuk memotret objek yang tidak terduga. fitur laser auto fokus ini dapat berfungsi disemua kondisi cahaya, termasuk saat memotret di kondisi yang minim cahaya. Di kondisi minim cahaya pengambilan fokusnya masih sangat cepat, terlihat saat perpindahan fokus objek serta mengganti jarak objek. Screenshot_2016-01-05-07-58-14Seperti Asus Zenfone 2 Selfie dan Laser, smartphone ini juga menyediakan beragam pilihan modus pemotretan. Ada sekitar 18 modus pemotretan yang bisa Anda manfaatkan untuk berkreasi. Modus-modus tersebut mencakup Auto, Manual, HDR, Beautification, Super Resolution, Low Light, Night, Depth of field, Effect, Selfie, GIF Animation, Panorama, Miniature, Time Rewind, Smart Remove, All SMiles, Slow Motion dan Time Laps. Ingin terlihat lebih cantik atau tampan Anda bisa menggunakan modus Beautification. Fitur ini otomatis langsung aktif saat kamera depan di aktifkan. Modus ini menyediakan fasilitas pendukung untuk mengubah wajah agar terlihat lebih fresh, mulai dari pencerahan kulit, penghalusan wajah, pembesaran mata, dan mengubah bentuk dagu.

Yang juga menarik adalah fitur HDR yang sangat berguna saat memotret dengan latar pencahayaan yang lebih terang di belakang (backlight). Teknologi di fitur HDR akan meningkatkan keseimbangan cahaya, sehingga dapat menghasilkan gambar lebih hidup dengan saturasi warna yang lebih jelas. Perbedaan hasilnya juga cukup signifikan antara menggunakan HDR dengan tidak. Tanpa HDR, memotret dengan kondisi backlight objek utama biasanya terlihat gelap,  sedangkan dengan HDR objek menjadi lebih jelas terlihat. HDRAsus juga menyediakan dual tone LED Flash yang menghasilkan cahaya lebih natural dan memberikan akurasi warna yang lebih baik dengan lingkungan sebenarnya. Terutama untuk anda yang suka mengambil foto dengan objek manusia, kita akan mendapatkan warna kulit yang lebih natural seperti warna sesungguhnya, karena jika hanya single flash saja, selain pastinya gambar akan lebih redup, warna yang dihasilkan oleh foto cenderung akan terlalu putih dan tidak natural.

Kami juga tertarik untuk menggunakan modus Depth of Field, dimana fitur ini akan membuat foto memiliki efek bokeh layaknya menggunakan kamera profesional. Jika Anda kreatif, fitur ini akan menghasilkan foto yang memukau. Atau jika ingin mengeksplorasi kemampuan fotografi, Anda bisa menjajal mode manual yang benar-benar seperti sebuah kamera professional. Anda bisa mengatur ISO, shutter speed, white balance dan fokus kamera secara manual. depth of fieldSelain itu, Anda juga bisa merekam dalam format FullHD 1920 x 1080p, lengkap dengan fitur video stabilization untuk menghasilkan video menjadi lebih stabil. Selama merekan video, Anda juga masih dapat merasakan kegunaan fitur laser autofocus dari smartphone ini. Jadi tidak perlu khawatir akan kehilangan fokus dari gambar video yang direkam.

Performa
Asus Zenfone 2 Laser (ZE500KL) ini menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 410 Quad Core 1.2 GHz dengan arsitektur ARM Cortex a53 64 bit dan GPU besutan Adreno 306 yang berjalan di clockspeed 400 MHz. Prosesor ini akan disokong kapasitas RAM 2 Gb dengan memori internal 16Gb plus ketersediaan slot memori eksternal microSD hingga 128 Gb. Untuk kebutuhan multimedia sehari-hari rasanya tidak menemui masalah yang berarti. Seperti menonton film, memutar musik, hingga melakukan multitasking.

Termasuk saat dicoba memainkan game HD sekelas Real Racing, Asphalt 8, Dead Trigger dan Modern Combat 5. Serunya bermain game dalam jangka waktu yang cukup lama kami tidak merasakan panas yang berlebih. Perolehan skor yang didapat dari aplikasi benchmark juga menunjukkan hasil yang cukup baik. Benchmark yang kami gunakan meliputi Antutu v6.0, Geekbench 3, dan 3D Mark Ice Storm Extreme. benchmarkSementara dari pengujian ketahanan baterainya yang berkapasitas 2.070 mAh, untuk memutar video HD terus menerus bertahan selama kurang lebih 5 jam. Bermain game HD baterainya dapat memberi daya selama kurang lebih 4 jam. Sedangkan untuk pemakaian normal sehari-hari, baterai mampu bertahan dari pagi hingga malam hari. ASUS juga menyediakan aplikasi penghemat baterai bawaan ASUS ZenUI yang mampu menyesuaikan konsumsi daya dengan kebutuhan pengguna.

Kesimpulan
Memiliki kekuatan pada kamera dengan beragam software didalamnya, Asus Zenfone 2 LAser (ZE500KL ) layak menjadi pilihan. Terutama bagi Anda yang hobi fotografi -walau bukan seorang fotografer. Harga yang terjangkau plus spesifikasi yang handal akan menjadi nilai tambah smartphone ini. Apalagi Asus menyediakan beberapa model di varian ini, sehingga Anda bisa memilih sesuai dana yang dimiliki.

Spesifikasi :
Price : Rp 2.099.000
Dimension : 143.7 x 71.5 x 10.5 mm
Weight : 140 g
Display : 5.0″, 720 x 1280p, Corning Gorilla Glass 4
OS : Android v5.0 (Lollipop), upgrade to v6.0 (Marshmallow)
Chipset : Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410, Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53
GPU : Adreno 306
Memory : 16Gb, microSD up to 128 GB
RAM : 2 GB
Camera : Primary 13 MP, laser autofocus, dual-LED (dual tone) flash, 18 Mode, Video 1080p@30fps
Secondary 5 MP, autofocus
Connectivity :     Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth v4.0,
Battery : Li-Po 2400 mAh

The Breakdown


Design
8
Feature
8
Performance
8
Camera
8
User Interface
8




Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com