cover

Asus Zenfone 2 Laser (ZE500KG)

7.8

Kualitas Kamera  Sekelas High End

Asus Zenfone 2 Laser memiliki keunggulan pada kemampuan kameranya, terutama dengan penanaman sejumlah fitur seperti HDR, Low light hingga Laser Autofocus. Fitur Laser Autofocus misalnya, merupakan teknologi kamera yang dapat mengambil fokus gambar secara cepat. Teknologi ini biasanya diterapkan pada perangkat smartphone kelas atas dengan harga mahal.  Namun di Asus Zenfone 2 Laser, fitur ini dapat digunakan dengan harga yang terjangkau.

Desain dan Layar
Tetap mengusung konsep desain ergonomic Arc, dimana sisi belakangnya dibuat melengkung sesuai dengan kontur telapak tangan manusia. Menggenggamnya dengan satu tangan terasa sangat nyaman, sehingga tidak harus selalu diletakkan di dalam saku. Apalagi ukurannya juga cukup kompak dengan bentang layar 5 inci.

Di bagian atasnya terlihat logo Asus bersama dengan earpiece, light sensor dan lampu indikator, serta kamera depan yang beresolusi 5 megapixel. Di bagian bawah layarnya tersedia tiga tombol virtual standar seperti tombol back, home dan tombol untuk melihat aplikasi yang sudah dibuka sebelumnya.  Untuk tombol power diletakkan di bagian atas dengan tombol volume berada di belakang bersama dengan kamera utama. Di bagian bawah bodi diletakkan port micro USB yang sudah mendukung fitur USB OTG. backFitur ini akan memudahkan saat Anda ingin melakukan transfer file atau membuka file langsung dari flasdrive. Simpan saja file musik atau video yang berukuran besar di flashdrive ,lalu hubungkan ke Asus Zenfone Laser untuk mendengarkan musik atau menonton film tersebut. Selain menghemat memori, juga tidak perlu repot-repot menghubungkan perangkat ke komputer hanya untuk memindahkan file atau menyalurkan hobi menonton Anda.

Menonton pada layar beurkuran 5 inci di perangkat ini pun masih bisa diandalkan.  Apalagi bezel pada layar ini dibuar lebih tipis dengan rasio 70 persen antara bodi dan layar, sehingga terlihat lebih luas. Tidak hanya itu, layar ini sudah mengusung teknologi IPS dengan resolusi HD 1280x720p. Tampilan layarnya telrihat cukup cerah dan tajam dengan akurasi warna yang baik. Sudah mendukung sentuhan hingga 10 jari dengan sensor sentuh kapasitif. Serunya, Asus juga menyematkan fitur Glove Hand Mode  yang memungkinkan Anda menyentuh layar meski menggunakan sarung tangan. Fitur ini tentu sangat berguna bagi Anda yang lebih banyak beraktivitas dengan sepeda motor. Untuk perlindungan lebih, Asus Zenfone Laser ini sudah menggunakan layar Gorilla Glass 4 yang diklaim 2,5x lebih kuat dari layar biasa. Screenshot_2015-12-15-22-24-15User Interface
Asus Zenfone Laser menggunakan user interface ZenUI 2.0 yang berjalan di platform Android 5.0 Lollipop. Kelebihannya Anda dapat melakukan kustomisasi tampilan layar melalui beragam tema yang bisa disesuaikan sesuai keinginan, seperti warna, screensaver, icon dan lainnya. Sehingga Anda tidak akan merasa bosan dengan tampilan yang itu-itu saja.  Selain itu, fitur yang ada pada ZenUI 2.0 terbaru yang cukup berguna adalah  fitur Zenmotion. Salah satunya sebut saja fitur “double tap to wake” yang memungkinkan Anda untuk mengunci dan membuka layar hanya dengan mengetuk permukaannya sebanyak 2x. Tidak hanya itu, fitur Zenmotion ini juga menyediakan akses aplikasi secara cepat hanya dengan menuliskan huruf tertentu. Dalam keadaan layar terkunci, tuliskan huruf ‘C’ pada permukaan layar untuk membuka kamera, atau huruf ‘V’ untuk membuka dialer.

Kamera
Urusan imaging, Asus Zenfone 2 Laser (seri ZE500KG) ini dibekali dengan kamera 8 megapixel di bagian belakang dan kamera 5 megapixel di bagian depan. Teknologi yang ditanam pada kameranya terbilang mumpuni, seperti bukaan aperture f/2.0 yang akan memberikan hasil foto lebih terang karena dapat mengambil cahaya lebih banyak di dalam gelap. View angle lebih luas dengan sudut 78 derajat serta dibekali Blue Glass Filter untuk hasil warna yang lebih akurat.Yang utama adalah penggunan teknologi laser autofocus yang akan memberi kecepatan auto fokus saat mengambil foto.

Pada saat dicoba mengubah-ubah objek, auto fokus pada kameranya memang berlangsung cukup cepat. Asus menyebut kalau fitur laser autofokus ini memiliki kecepatan 0,03 detik untuk menghasilkan fokus yang optimal. Itu artinya Anda dapat menghasilkan beberapa foto dengan objek yang berbeda hanya dalam hitungan detik saja. Menggunakan fitur Low Light Mode juga sangat berguna untuk memotret dengan cahaya minim bahkan pada saat kondisi gelap. Bahkan jika masih dianggap kurang, Anda bisa aktifkan dual tone LED Flash untuk menambah pencahayaan yang lebih baik.fotoKamera di Asus Zenfone 2 Laser ini pun tetap menggunakan software PixelMaster yang menyediakan 16 mode kamera yang bisa dsesuaikan dengan kondisi saat memotret. Mode-mode tersebut mencakup mode Auto (pemotretan otomatis tanpa melakukan setingan), mode manual (mengatur setingan sendiri seperti kamera professional), mode HDR (mengambil gambar dengan pencahayaan sangat terang di belakang atau backlight), mode Real Time Beautification (membuat wajah terlihat lebih menarik), mode Super Resolution (untuk menghasilkan gambar dengan resolusi hingga 51 megapixel), mode Low Light (foto di ruang cahaya minim), night Mode (memotret di malam hari), Depth of Field (untuk menghasilkan gambar bokeh, mode Effect (menambahkan filter atau efek pada gambar), mode Selfie Panorama, GIF Animation, mode Panorama, mode Miniature (mengambil gambar yang fokus pada miniature pada jarak dekat), mode Time Rewind, mode Smart Remove (menghapus objek yang tidak diinginkan, mode All Smiles (otomatis mengambil gambar saat objek tersenyum), mode Slow Motion dan mode Timelapse. Low LightTidak hanya foto, kameranya juga dapat melakukan perekaman video dalam resolusi Full HD 1920 x 1080p. Dilengkapi pula dengan fasilitas video stabilization untuk membantu perekaman video menjadi lebih stabil. Menariknya, fitur laser autofocus juga bisa digunakan saat merekam video. Dengan kecepatan yang dimiliki, mengambil video menjadi lebih seru tanpa perlu khawatir gambar tidak fokus.

Performa
Asus Zenfone 2 Laser menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 410 Quad Core 1.2 GHz sebagai otaknya. Kinerja prosesor ini juga akan disokong GPU Adreno 306, dan kapasitas 2 Gb. Sedangkan untuk ruang penyimpanan tersedia dalam dua opsi yaitu 8 Gb dan 16 Gb (dengan harga yang berbeda tentunya) serta dilengkapi slot Micro SD hingga 128 Gb. Untuk aktivitas harian seperti browsing, chating, sosmed, rasanya bukan suatu masalah berarti. APalagi saat dicoba memainkan game berat seperti Dead Trigger 2, Modern Combat 5, hingga Fifa 15 semua berjalan cukup lancar.

Selama bermain selama skurang lebih satu jam, kami hanya merasakan rasa hangat yang masih terbilang cukup wajar dan tidak berlebihan. Untuk pengujian banchmark, kami menggunakan Antutu, Geekbench 3 dan 3D Mark Ice Storm Unlimited. Hasilnya adalah Antutu mendapatkan skor  22847, Geekbench 465 (single core) dan 1416 (multi core) dan 3DMark Ice Storm Unlimited skor yang tercatat adalah 4331.BenchmarkUntuk game berbasis online, tentu tergantung dari koneksi data yang digunakan. Bicara koneksi data, ASUS Zenfone 2 Laser yang kami uji (ZE500KG) masih menggunakan jaringan 3G. Namun, Asus juga telah menyediakan Zenfone 2 Laser dalam varian 4G dengan opsi layar lebih besar.  Untuk kemudahan komunikasi, smartphone ini memiliki 2 slot sim card yang bisa diaktifkan secara bersamaan. Penerimaan sinyalnya sangat baik kamera menggunakan dual antenna dan PIFA Antena dengan multiple resonant modes yang membuat gelombang elektromagnetik yang ditangkap oleh smartphone lebih baik dibandingkan dengan smartphone biasa. Jadi Anda tidak khawatir saat ingin bepergian kemanapun, namun tetap bergantung juga pada jaringan yang disediakan operator.

Sementara untuk kemampuan daya tahan baterainya, smartphone ini bisa aktif dari pagi hingga malam dengan pemakaian normal  (chating, browsing, email). Saat dicoba memainkan video HD 720p berdurasi 1 jam 25 menit baterainya berkurang sebesar 18 persen. Sedangkan untuk bermain game selama kurang lebih satu jam baterainya terkuras 24 persen.

Kesimpulan
Secara keseluruhan kinerja Asus Zenfone 2 Laser ini menawarkan performa yang sangat baik untuk aktivitas harian Anda. Dan selama pengujian yang dilakukan, kami tidak menemukan kendala yang berarti. Dan kemampuan kamera di Asus Zenfone 2 Selfie ini memang layak diandalkan, hasil foto terlihat tajam dengan kehadiran beragam fitur menarik. Apalagi dengan harga yang terjangkau, Asus Zenfone 2 Laser ini bisa jadi pertimbangan saat Anda ingin membeli smartphone baru.

Spesifikasi
Price : Rp. 1.999.000
CPU : Qualcomm Snapdragon 410 Quad core
RAM : 2GB RAM
Storage : 16 GB + 5 GB ASUS Webstorage, Micro SD up to 128 GB
Connectivity : WLAN 802.11 b/g/n, BT 4.0 with A2DP, MicroUSB (USB OTG)
Display : 5 inci IPS HD 720×1280p, 294 ppi, ASUS TruVivid Full Screen Lamination Technology, Super Scratch Corning Gorilla Glass 4
Camera : Rear 8 Mpix, laser autofocus, f/2.0, dual tone flash, PixelMaster Camera,
Front 5 Mpix, Autofokus, f/2.0, selfie panorama up to 140’
OS : Android 5.0 Lollipop, ASUS ZenUI 2.0
Dimension : 143,7 × 71,5 x 10,5mm
Weight : 145 g
Battery : Lithium-Polimer 2070 mAh
Color : Pure Black, Glamour Red, Ceramic White, Hairline Gold, Hairline Silver

The Breakdown


Design
8
Feature
8
Performance
7
Camera
8
User Interface
8




Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com