cover

ASUSPro BU201

8

Notebook Pebisnis Yang Tangguh Dan Aman

ASUSPro BU201 masuk ke dalam varian AsusPro series yang diperuntukkan pada kalangan pebisnis. Lebih menekankan pada ketahanan bodi dengan kualitas material tinggi dan proteksi kemanan yang tangguh.

Desain Standar Militer
Asuspro BU201 hadir dengan dimensi 310 x 215 x 12.9 mm dan bobot 1.27 kg. Memiliki layar berukuran 12,5 inci, notebook ini terasa sangat nyaman saat dibawa kemanapun. Memegang dengan menggunakan satu tangan juga tidak terasa mengganggu, karena bobotnya cukup ringan. Secara desain tampilannya memang tidak stylish, namun bentuknya yang cenderung kotak dengan finishing warna matte hitam memberi kesan kokoh. Apalagi perangkat ini sudah melalui uji standar militer. Seperti di bagian casing LCD, yang telah mengunakan material serat karbon yang memiliki struktur yang 20% lebih kuat dari casing pada notebook standar.

Tidak hanya itu, AsusPro BU201 ini dilengkapi dengan engsel yang dapat diputar dengan sudut hingga 180 derajat. Itu artinya, Anda dapat memposisikan layar perangkat ini dalam posisi yang sejajar dengan keyboard. Jadi Anda bisa mengatur view yang diinginkan. Anda juga tidak perlu khawatir dengan kekuatan engselnya, karena telah lulus dari pengujian engsel hingga 20.000 lebih banyak dari notebook standar. Asus juga telah menggunakan keyboard yang dilengkapi fitur backlit, sehingga masih memungkinkan Anda untuk tetap bekerja dengan perangkat ini meski dalam kondisi minim cahaya. Permukaan keyboardnya juga kedap terhadap tumpahan berkat penggunaan fitur spill resistant, sehingga air yang mengenai keyboard tidak akan masuk ke dalam komponen dalam.5Pengujian kekuatan lain juga mencakup drop test, yaitu menjatuhkan perangkat pada ketinggian tertentu. Asus mengklaim kalau notebook ini mampu melewati drop testing dua kali lebih tinggi dari pengujian notebook standar pada umumnya. Sementara di sisi komponen, Asus juga melengkapi perangkatnya dengan tkenolpogi Anti-shock HDD, untuk mengurangi resiko kerusakan ketika mengalami getaran/benturan.

Yang menarik adalah penempatan sebuah trackball ditengah keyboard yang berfungsi sebagai pengganti scroll. Asus menyebutnya sebagai sensepoint, dan memiliki jarak yang tidak terlalu jauh dengan touchpad sehingga Anda dapat melakukan click dan scroll hanya dengan satu tangan. Sedangkan dari sisi konektivitas, desain yang tipis bukan menjadi penghalang. Karena ASUSPro BU201 ini tetap didukung konektivitas yang lengkap untuk meningkatkan produktifitas. Beragam port telah disedaikan seperti port USB, Mini Display, LAN, Audio Jack dan port charger.6Keamanan Berlapis
Sebagai notebook untuk kalangan pebisnis, AsusPro BU201 ini tentu sangat fokus pada proteksi keamanan penggunanya. Yang cukup menarik adalah keberadaan teknologi Smartcard-based Identification. Fitur ini merupakan salah satu terobosan yang tidak dimiliki oleh kebanyakan perangkat sejenis. Smartcard merupakan sebuah kartu yang berisi identitas diri yang harus diregistrasi terlebih dahulu ke dalam smartcard reader. Dan Smartcard ini berfungsi sebagai alat untuk mengidentifikasi data diri agar diizinkan untuk masuk ke dalam suatu sistem atau ketika akan menggunakan sebuah aplikasi.

Ada pula proteksi keamanan melalui teknologi Fingerprint reader. Fitur ini akan menjadi alternatif jika Anda masih merasa kurang aman saat menggunakan password atau Smartcard. Menurut Asus, scanner fingerprint pada notebook ini menggunakan sistem radio-frequency (RF) imaging dalam pembacaan sidik jari. Dengan teknologi seperti ini, pembacaan sidik jari akan lebih akurat karena kondisi sidik jari seperti berminyak, kering atau kapalan tidak akan terlalu mempengaruhi pembacaan pada sensor RF.3Untuk software, Asus menyematkan Asuspro Bussiness Center (ABC) yang memiliki enam aplikasi utama dalam menjaga kondisi laptop tetap sehat dan aman. Ada Asus power4gear yang berfungsi untuk mengatur pengelolaan energi yang disesuaikan dengan aktifitas yang dilakukan. Anda dapat mengatur proses shut down dan nyala kembali pada waktu yang sudah ditentukan. Lalu software monitor, yang berfungsi untuk memonitor keadaan perangkat lunak yang ada di dalam sistem. Disini Anda bisa memonitor aplikasi-aplikasi apakah masih berjalan dengan normal atau mengalami problem, termasuk gangguan virus.

Ada juga health center, yang mencakup pembaruan sistem operasi, disk defragment dan menghapus file temporer yang berasal dari internet. Untuk memudahkan, Anda bisa memilih pengaturan otomatis sesuai dengan jadwal. Proses-proses tersebut dijamin tidak akan mengganggu waktukerja Anda, karena bisa dilakukan meski perangkat dalam kondisi mati.asuspro1Selanjutnya adalah Backup & restore, yang telah dioptimasi dengan melakukan penjadwalan dan menentukan tempat penyimpanan sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Kemudian ada USB Blocker, bisa mengatur device yang diijinkan untuk terkoneksi ke perangkat. Kegunaannya akan melindungi data penting Anda pencurian oleh orang lain dengan meng-copy past file melalui USB. Fitur-fitur keamanan tersebut belum termasuk teknologi keamanan khusus yang ada di dalam prosesor Intel ® Core™ seperti Intel ® Identity Protection dan Intel ®Data Protection.

Performa
Jika kompetitor hanya membekali perangkat mereka dengan resolusi layar WXGA, Asus BU201 justru telah dilengkapi dengan resolusi FullHD 1920×1080 piksel dengan kedalaman 176 ppi. Berkat penggunaan teknologi IPS, tampilan layarnya dapat dilihat hingga sudut miring sekalipun. Layar masih cukup terlihat cerah. Layar ini sangat nyaman saat menelusuri web, menggunakan aplikasi office atau aktivitas multitasking lain. asuspro2Untuk kinerja keseluruhan, notebook ini diotaki Intel Core i5-4210U dengan kecepatan 1,7 GHz (diperbesar menjadi 2,7 GHz dengan teknologi Turbo Boost). Prosesor ini akan disokong kartu grafis  Graphics HD 4400 terintegrasi plus kapasitas memori RAM 4 GB DDR3. Untuk penyimpanan telah disediakan hard drive berkapasitas 500 GB. Dan secara umum, konfigurasi komponen-komponen diatas masih cukup optimal untuk menjalankan aplikasi yang terkait dengan bisnis. Apalagi seorang pebisnis biasanya tidak terlalu banyak memerlukan aplikasi dengan kinerja berat seperti desain 3D atau lainnya, termasuk memainkan game HD.

Sementara untuk ketahanan baterai, saat mengaktifkan modus power saving (kecerahan minimum, wifi off) dengan aktivitas office sambil mendengarkan musik, baterainya bertahan selama kurang lebih 8 jam. Lalu mencoba dengan menaikkan kecerahan layar hingga 50 persen dan mengaktifkan wifi untuk aktifitas browsing dan streaming, baterainya bertahan selama kurang lebih 3 jam 45 menit. Sedangkan untuk memainkan film HD berdurasi 1 jam 25 menit, baterainya berkurang sebesar 45 persen.

Spesifikasi
Harga : Rp 17.199.000
Processor : Intel Core i5-4210U1.7 GHz
GPU : Intel HD Graphics 4400
RAM : 4Gb
Display : 12.5” (1920x1080p), IPS-Panel, LED-Backlight
Storage : 500 GB
Connections : 3 USB 3.0 / 3.1 Gen1, 1 VGA, 1 Kensington Lock, Audio Connections: Headset port (3.5 mm stereo jack), Card Reader: 4-in-1 (SD/SDHC/SDXC/MMC), 1 SmartCard, 1 Fingerprint Reader, NFC
Networking : Intel Dual Band Wireless-N 7260 (a/b/g/n), Bluetooth 4.0
Dimension : 20.6 x 310 x 215 mm
Battery : 32 Wh Lithium-Ion, 7.6 V, 4200 mAh
OS : Microsoft Windows 7 Professional 64 Bit
Camera : Webcam: 1.0 Megapixel
Weight : 1.357 kg

The Breakdown


Design
7
Feature
9
Display
8
Performance
8
User Interface
8




Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com