cover

ASUS Zenfone Selfie

8.2

Puas Ber-Selfie Dengan Kamera 13 Megapiksel

Sesuai namanya, Asus Zenfone Selfie lebih menonjol pada sisi kamera. Dua kamera yang sama-sama berkapasitas 13 megapiksel akan memberikan pengalaman baru dalam melakukan foto selfie. Namun bukan berarti fitur-fitur lain ditinggalkan, karena Asus tetap menanam spesifikasi mumpuni untuk kinerja perangkat secara keseluruhan.

Desain dan Layar
Bentuk desain Asus Zenfone Selfie tidak berbeda dengan seri Zenfone 2, yaitu tetap mengusung desain ergonomic Arc. Dimana sisi belakangnya dibuat melengkung sesuai dengan kontur telapak tangan manusia. Bodi belakangnya berbentuk curva lengkung hingga bagian tepi handset mencapai tebal 3,9mm. Begitu pula penempatan tombol volume yang diletakkan dibawah kamera belakang. Selain untuk mengatur volume, tombol tersebut juga berfungsi sebagai tombol shutter untuk kamera, sehingga memudahkan saat mengambil foto selfie.

Di bagian depan nampak layar lebar berukuran 5,5 inci yang akan menjadi media tatap muka. Kualitas layar ini sudah cukup optimal, karena dilengkapi resolusi FullHD 1080 x 1920p dengan kerapatan 403ppi dan kecerahan hingga 400nits. Tidak hanya itu, untuk kenyamanan penggunaan Asus juga melapisi layarnya dengan Gorilla Glass 4, menawarkan kekuatan dari benturan atau goresan 2x lebih kuat dari generasi sebelumnya.  Tampilan layar yang lebar ini terasa sangat nyaman saat digunakan untuk melihat foto atau menikmati film-film kesayangan. Screenshot_2015-12-03-09-51-31Yang menarik Anda bisa menonton film melalui flashdisk, karena perangkat ini sudah support fitur OTG (on the go). Sehingga tidak akan mengurangi kapasitas memori internal (tersedia opsi berkapasitas 16 dan 32 GB). Atau jika tidak ingin ketinggalan, Anda bisa melihat trailer-trailer film terbaru secara streaming di Youtube. Untuk menikmati tayangan secara streaming secara lancar, Anda bisa memanfaatkan keberadaan jaringan 4G LTE yang sudah ditanamkan di Zenfone Selfie.

Jaringan 4G LTE yang sudah disupport diantaranya LTE band 1 (2100), 2 (1900), 3 (1800), 5 (850), 7 (2600), 8 (900), dan 20 (800) MHz. Itu artinya sudah bisa digunakan oleh hampir semua operator yang memiliki jaringan 4G LTE, terkecuali operator yang berjalan di 4G LTE band 40 (2300) MHz. Berpindah-pindah lokasi di sejumlah area, penerimaan sinyalnya cukup baik karena handset ini telah dilengkapi dengan dual antena.

Dua Kamera 13 Megapiksel
Tidak seperti smartphone kebanyakan, Asus Zenfone Selfie telah dilengkapi 2 kamera yang sama-sama mengusung sensor beresolusi 13 megapiksel. Bila kamera belakang dengan resolusi 13 megapiksel banyak dijumpai, namun  untuk kamera depan dengan resolusi yang sama rasanya masih terbilang jarang. Tidak hanya resolusi besar, tapi juga menghadirkan beragam fitur pendukung yang akan memudahkan Anda menyalurkan hobi fotografi, terutama ber selfie.

Menggunakan kamera depan di Asus Zenfone Selfie tidak ubahnya kamera belakang, hanya posisinya saja yang berbeda. Untuk mengaktifkan lebih cepat, Anda bisa menulis huruf S diatas layar saat dalam kondisi layar off. Fasilitas ini merupakan bagian dari fitur Motion Gesture yang sudah ada dalam perangkat. Tidak hanya untuk kamera, fitur motion gesture ini juga masih bisa di seting untuk membuka aplikasi lain secara cepat dengan metode yang sama. kameraKembali ke fitur kamera, bila bicara fasilitas pendukung kamera rasanya tidak ada perbedaan antara kamera depan dan belakang. Dimana telah tersedia 17 modus pemotretan yang bisa Anda manfaatkan untuk berkreasi. Bila ingin terlihat cantik atau keren saat selfie, bisa menggunakan modus ‘Beautification’. Fitur ini otomatis langsung aktif saat kamera depan di aktifkan. Modus ini menyediakan fasilitas pendukung untuk mengubah wajah agar terlihat lebih fresh, mulai dari pencerahan kulit, penghalusan wajah, pembesaran mata, dan mengubah bentuk dagu.

Yang juga menarik dan patut dicoba adalah fitur HDR. Karena fitur ini akan sangat berguna saat melakukan selfie dengan latar pencahayaan yang lebih terang di belakang (backlight). Teknologi di fitur HDR akan meningkatkan keseimbangan cahaya, sehingga dapat menghasilkan gambar lebih hidup dengan saturasi warna yang lebih jelas. Perbedaan hasilnya juga cukup signifikan antara menggunakan HDR dengan tidak. Tanpa HDR, wajah terlihat gelap sedangkan dengan HDR wajah lebih jelas terlihat. Sangat cocok saat ber-selfie di pantai atau objek lain yang terkena paparan sinar matahari secara langsung. HDRAnda juga pasti akan menyukai fitur Selfie Panorama yang disediakan. Fitur ini memungkinkan Anda melakukan foto selfie dengan lebih luas hingga 140 derajat. Sangat cocok untuk selfie secara kelompok. Menggunakannya juga cukup mudah, cukup miringkan kamera ke kanan (3x secara bertahap) lalu ke kiri (3x secara bertahap) untuk mendapatkan angle lebih luas. Pada layar juga akan muncul panduan untuk menggunakan fitur ini. Selfie panorama ini sangat dimungkinkan, karena kamera depan di Zenfone Selfie sudah didukung sudut pandang luas hingga 88 derajat. Bahkan lensanya memiliki bukaan lebar f/2.2 yang akan berguna saat melakukan selfie di dalam ruangan. Jika masih kurang, Anda bisa manfaatkan fasilitas dual flash. Hasil penggunaan dual flash ini cukup berguna saat berada di ruang minim cahaya, hasil foto lebih terlihat dan pencahayaan lebih merata.

Sementara itu, kamera belakang di Zenfone Selfie juga menawarkan kualitas yang sangat baik. Untuk pemotretan outdoor hasil jepretan kameranya sangat layak diandalkan, terlihat tajam dan jelas. Hal ini dimungkankan karena sistem PixelMaster 2.0 yang digunakan pada kameranya menggabungkan 4 pixel yang didapat dari sensor menjadi 1 pixel dengan kualitas tinggi. Proses ini akan menghasilkan pencahayaan yang meningkat 4x lipat lebih terang dan kontras warna meningkat 4x lipat (400%).

outdoor

Foto Outdoor

Indoor

Foto Indoor

Kamera belakang ini juga dibekali 17 modus pemotretan dengan fungsi yang sama. Salah satu keunggulan utama dari kameranya adalah penggunaan teknologi auto focus yang cukup cepat, berkisar 0,03 detik. Saat dicoba, penguncian auto focusnya memang cukup cepat. Perpindahan titik fokus antar objek dengan menggeser angle kamera berlangsung cepat. Kelebihan dari fitur ini adalah Anda dapat memotret objek dengan cepat. Dalam hitungan 15 detik, kami sudah menghasilkan 10 foto dengan angle objek berbeda pun kualitas fokus yang maksimal. Teknologi ini dinamai Asus dengan Laser Auto Focus. Hanya saja teknologi ini tidak ditanamkan pada kamera depan.

Disediakan pula fitur Low Light Mode, yang dapat meningkatkan sensitivitas cahaya untuk pemotretan di malam hari atau di ruang minim cahaya. Teknologi ini cukup unik, karena umumnya kamera akan mengatur bukaan exposure dan menaikkan ISO agar hasil gambar lebih cerah, namun terkadang masih terlihat adanya noise. Mengambil mekanisme berbeda, PixelMaster Camera yang digunakan pada ASUS Zenfone 2 Laser memiliki teknologi untuk menggabungkan algoritma piksel dari gambar yang membuat gambar memiliki sensitivitas cahaya 4x lipat. Setelah itu, gambar diolah menggunakan Pixel Perfecting Technology untuk mengurangi noise saat diambil dalam keadaan minim cahaya. low lightKamera Zenfone Selfie juga memiliki kemampuan yang cukup baik untuk pemotretan macro (jarak dekat) hingga jarak 6 cm. Kemampuan ini sangat cocok untuk Anda yang gemar memotret makanan atau objek miniatur yang berukuran kecil serta mempostingnya ke sosial media. Atau Anda bisa juga mencoba modus Manual untuk merasakan sensasi memotret layaknya menggunakan kamera SLR dengan melakukan beberapa setingan sendiri. Pengaturan tersebut mencakup white balance, ISO, speed, exposure, deteksi wajah dan lainnya.

Performa
Asus Zenfone Selfie menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 615 (MSM 8939) yang dipadukan grafis Adreno 405 plus sokongan RAM 3Gb. Secara umum, selama penggunaan  kami merasakan pengoperasian yang sangat smooth. Beberapa hal yang menjadi prioritas adalah untuk penggunaan perangkat sehari-hari seperti aplikasi di launcher, beralih antara aplikasi yang ada, membuka dan menutup aplikasi, menggunakan kamera, browsing dengan membuka banyak tab, dan semua berjalan relatif lancar tanpa hambatan berarti. Bahkan saat sedang memperbarui aplikasi yang berjalan di background, aktivitas membuka beberapa aplikasi masih cukup lancar dilakukan.
benchmarkSementara kekuatan baterai berkapasitas 3000mAh untuk penggunaan browsing, empat akun sosmed aktif, messenger (whatsapp dan BBM), email,mampu memberikan daya hampir 20 jam. Sedangkan saat memutar video HD berkapasitas 1,35GB dengan durasi 1 jam 29 menit, baterainya berkurang sebesar 20 persen. Kemampuan baterai yang cukup mumpuni jika melihat penggunaan layar sebesar 5,5 inci dengan resolusi FullHD. Yang menjadi nilai lebih adalah baterainya dapat dilepas pasang, sehingga memudahkan untuk penggantian ketika terjadi masalah.

Spesifikasi
Harga : Rp 2.799.000 (versi 16Gb) dan 2.999.000 (versi 32Gb)
Network : GSM / HSPA / LTE
Dimensi : 156.5 x 77.2 x 10.8 mm
Berat : 170 g
SIM : Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)
Layar : IPS, 5.5 inci (1080 x 1920 p), Corning Gorilla Glass 4
OS : Asus ZenUI with Android v5.0 (Lollipop), upgrade to v6.0 (Marshmallow)
Prosesor : Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615
Memori : 16/32 GB, microSD, up to 128 GB
RAM : 3 GB
Kamera Belakang : 13 MP, laser autofocus, dual-LED (dual tone) flash, Video 1080p@30fps
Kamera Depan : 13 MP, 1080p, autofocus, dual-LED (dual tone) flash
Konektivitas : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth v4.0, A2DP, EDR
Baterai : Li-Po 3000 mAh

The Breakdown


Design
8
Feature
8
Camera
9
Image Quality
8
Performance
8




Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com