Samsung NX1 #5

Samsung NX1

8.4

Mirrorless Setara DSLR

Meski sudah beberapa bulan lalu dilansir, namun keunggulan dari kamera mirrorless yang boleh dibilang punya fitur dan kemampuan setara dengan DSLR dari sisi kecepatan kinerja dan fitur yang ada masih tetap mempesona. Untuk menyegarkan kembali kehebatan kamera tersebut, inilah beberapa keunggulan yang tak banyak orang ketahui karena tergeser dengan tipe sejenis dan merk lain yang terus hadir.

Bicara soal desain, Samsung NX1 memadukan banyak ciri dari kamera pro karena ukurannya hanya “sedikit” lebih kecil dari kamera DSLR. Beberapa kesamaan tersebut diantaranya terdapat layar top LCD, ini sengaja dibuat guna mempercepat pengguna melakukan setting kamera tanpa melihat layar MOLED bagian belakang.

Kemudian tombol serta tuas juga terlihat jelas melimpah mulai dari tombol AF, ISO,WB, metering, kompensasi eksposur, AEL, AF-ON, AF Area, Wifi, hingga mode dial, dan drive mode dial. NX1 seperti melengkapi navigasi dengan maksud mempercepat pengguna menuju fitur yang diinginkan lewat tombol yang disediakan.
Konstruksi NX1 terbuat dari magnesium alloy yang merupakan standar bagi kamera pro DSLR. Kemudian, salah satu kelebihan konstruksi kamera tersebut adalah layar LCD yang bisa dilipat ke atas atau ke bawah sehingga dapat memudahkan pengguna menentukan komposisi objek foto pilihannya.Samsung NX1 #4NX1 memiliki sensor 28 MP BSI APS­C CMOS dengan prosesor DRime V yang 2,8 kali lebih cepat dari prosesor pendahulunya. Sensor itu juga mendukung output 14­bit yang dapat menyimpan lebih banyak data untuk menghasilkan gambar dalam gradasi yang lembut dan latitude yang lebih lebar. Terbukti ketika menguji pengambilan gambar panning kamera ini mampu merekam dengan cepat dan baik meskipun shutter dengan coninuous.

Kinerja auto fokus yang dimiliki NX1 seperti ditingkatkan dan boleh dibilang dibandingkan dengan Canon EOS 5D mark II, kecepatan kinerja NX1 setara, sepertinya teknologi sistem AF Hybrid yang dimiliki NX1 sangat membantu mempercepat deteksi fokus objek. Itu ketika kondisi terang, pada kondisi lowlight, ternyata NX1 juga tak mau tersandung dengan hal minus, maka dari itu Samsung membenamkan arsitektur sensor gambar BSI (back side illumination) guna mereduksi noise dengan alogaritma yang lebih baik sehingga mampu menciptakan gambar lebih selektif dan punya tekstur lebih halus.

Kelebihan lain dari NX1 dan jarang digunakan kebanyakan orang adalah kemampuan mengeluarkan foto dari video resolusi 4K, hanya saja besaran resolusi yang keluar tidak besar sekitar 8MP namun ini merupakan teknologi yang cukup baik, karena jika Anda kuatir dengan momen yang tertinggal khususnya ketika mengabadikan momen maka Anda bisa menggunakan perekaman video 4K.Samsung NX1 #3Untuk proses pengeluaran foto dari video ini mirip sekali dengan teknik capturing pada software video. File yang dikeluarkan dari video tersebut bisa dicetak sekitar 40cm untuk lebih maksimal kualitas gambar, jika lebih dari itu akan terlihat sedikit pecah, ukuran sekitar 60×40 cm masih cukup, karena setelah disamakan dengan metadata file yang pernah dicetak maka data menunjukan kesamaan.

Untuk performa pengambilan gambar video sendiri NX1 juga tak kalah bagus, paduan kinerja sensor, lensa dan prosesor menghasilkan perekaman bergerak yang sangat baik untuk kamera sejenis mirrorless. Dan untuk bisa lebih maksimal penggunaan aksesoris peredam getar bisa lebih baik karena akan lebih halus.

Pointer
AF : 205 titik AF memperluas cakupan bidik di setiap sudut frame
ISO : ISO bisa diekspansi hingga 51200 guna maksimalisasi keadaan lowlight
Waterproof : Waterproof, dari guyuran atau cipratan air

Spesifikasi
Harga : Rp 36.499.000/16-50mm
Sensor : 28 MP BSI APS­C CMOS
Prosesor : DRime V
Lensa : 35mm format mirrorless
Resolusi Video : Full HD FullFrame, 4K
ISO : 100 – 25600
Shutter : 1/8000 sec dan 15 fps Continous Shooting with AF
Layar : 3.0″ FVGA(C) AMOLED Tilt, Touch
Konektifitas : Bluetooth, WiFi, NFC, USB 2.0, Micro HDMI
Dimensi : 138.5 x 102.3 x 50.4mm
Berat : 550 gram

The Breakdown


Design
8
Feature
9
Performance
8
Image Quality
9
User Interface
8




Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com