3

Google Maps Bisa Dipakai Offline

Kita tak pernah tersesat dengan nyaman. Buktinya ketika nyasar, biasanya kita tak punya peta, teman, atau layanan Wif-Fi atau seluler yang kadang tiba-tiba gagal berfungsi sehingga Google Maps menjadi tak berguna lagi.

Namun kini, untuk yang susah mengingat arah, hal itu tak akan jadi masalah lagi. Google baru saja memperkenalkan navigasi dan pencarian offline untuk membuat hidup kita jauh lebih mudah.

Menurut Google, hampir 60 persen bagian dari dunia tanpa internet, dan bahkan ketika ada akses online, seringkali kualitasnya naik turun. Sehingga sebagai solusi, kini kita bisa mengunduh sebuah area ke ponsel, dan ketika lain kali kita tak punya konektivitas, Google Maps masih akan bisa bekerja tanpa masalah.

Memang sejak tahun 2012, kita bisa mengunduh bagian dari Google Maps. Namun raksasa teknologi tersebut sebelumnya tak pernah mengindeks hasil-hasil itu untuk pencarian atau navigasi. Tapi kini, semua berubah. Kita bisa mendapat petunjuk arah tiap belokan untuk mengemudi, menemukan area spesifik, dan mendapat informasi berguna mengenai tempat-tempat yang ada di area itu.

Untuk memanfaatkan ini, kita butuh mengunduh bagian dari peta dengan mencari kota, desa, atau negara di peta. Kemudian, kita bisa menekan tombol “Download,” atau mencari tombol “+” di tab “Offline Area” di Google Maps. Kemudian, Google Maps akan secara otomatis berganti mode ke offline ketika mengindera bahwa kita ada di lokasi dengan layanan internet yang buruk.

Namun, jika layanan internet kita kembali, Google akan mengembalikan Maps ke versi penuh, sehingga kita bisa melihat kondisi-kondisi nyata seperti lalu lintas, transit, dan lain sebagainya.




Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com