Penyu-Hendro Hioe

Ketahui Kategori dan Pengambilan Foto Bawah Laut

Kategori dan Pengambilan Foto Bawah Laut. Dalam edisi ini Techlife akan mengulas tentang cara pengambilan foto bawah laut dan kategori yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan pemotretan. Tulisan ini berdasarkan pemaparan yang dituturkan oleh Hendro Hioe sebagai praktisi foto yang sudah banyak karya hingga pengalaman dan mendapatkan gelar dari asosiasi fotografi dunia seperti ARPS, EFIAP, EPSA, UPI-CR3.

Alat Fotografi Bawah Laut-Hendro Hioe

Alat Fotografi Bawah Laut-Hendro Hioe

Menurut Hendro Hioe fotografer profesional yang juga sebagai anggota JPC (Jakart Photo Club), sedikitnya terdapat 2 faktor yang menjadi tantangan sebagai kesulitan yang nantinya akan dihadapi oleh juru foto ketika melakukan pemotretan bawah laut. Dua kesulitan tersebut adalah Internal Factor dan Exsternal Factor.

Artinya begini, secara sederhana internal factor diterjemahkan sebagai kesulitan yang bisa saja terjadi pada juru foto, misalnya perlengkapan yang belum dikuasai dan memahami daya apung (buoyancy). untuk itu, fotografer bawah laut dianjurkan untuk menguasai benar alat yang akan digunakan, dan melatih buoyancy atau daya apung ketika melakukan pemotretan, dalam hal ini untuk mengetahui kategori dan pengambilan foto bawah laut.

Sedangkan untuk external factor lebih kepada kondisi alam bawah laut tersebut, mulai dari ketinggian gelombang laut, kecepatan arus bawah laut, jarak pandang, posisi matahari, pasang surut air laut, bulan mati dan masih banyak lagi.

Secara umum kategori dan pengambilan foto bawah laut terbagi menjadi 2 kelompok besar yakni Wide Angle dan Macro Photography dan Anda diharapkan untuk bisa memahami kedua hal tersebut sebagai bekal dalam melakukan pemotretan.

Wide Angle Bawah Laut

Pengambilan gambar sudut lebar tentu harus memperhatikan lingkungan sekitar, seperti saat memotret landscape di darat, maka tak ubahnya konsep wide angle bisa Anda terapkan. Hanya saja di dasar laut Anda harus memperhatikan biota dan pencahayaan, seperti hasil gambar Hendro Sioe yang mengabadikan Pelagic seperti Manta Ray, Sharks, Baracudda hingga JackFish.

Ketahui Kategori dan Pengambilan Foto Bawah Laut

Ikan Manta Ray-Hendro Hioe

Ketahui Kategori dan Pengambilan Foto Bawah Laut

Kecantikan Seafan di Pulau Weh-Hendro Hioe

Ketahui Kategori dan Pengambilan Foto Bawah Laut

Kehidupan bawah laut di pulau weh-Hendro Hioe

Macro Photography Bawah Laut

Tak ubahnya dengan didarat, kategori dan pengambilan foto bawah laut diambil dengan tetap memperhatikan detail. Dan objek yang ada juga beragam, bahkan ada yang memiliki ukuran super micro seperti Nudibranch, Ikan Karang, Udang, Octopus, Kuda Laut serta karang berwarna indah. Nah untuk mendapatkan gambar tersebut Anda perlu memperhatikan atau menguasai alat yang akan digunakan.

Ketahui Kategori dan Pengambilan Foto Bawah Laut

Sampel Foto Macro Bawah Laut oleh Hendro Hioe-1

Ketahui Kategori dan Pengambilan Foto Bawah Laut

Sampel Foto Macro Bawah Laut oleh Hendro Hioe-2

Ketahui Kategori dan Pengambilan Foto Bawah Laut

Sampel Foto Macro Bawah Laut oleh Hendro Hioe-3

Tentang Hendro Shioe

Pria kelahiran 1979 ini berani mengambil pekerjaan sebagai fotografer komersil jelang lulus sekolah menengah atas, berbekal kamera range finder PENTAX dari ayahnya proyek buku tahunan almamater sekolah itupun rampung.

Hendro HioeHendro mengaku jatuh cinta dengan fotografi ketika ia mendapat kamera pertama kali yang ia beli yakni Nikon AF 501, dan setelah itu, ia semakin giat dan serius mendalami fotografi dengan menghadiri banyak workshop dari beberapa fotografer profesional di Kuala Lumpur, Singapura, Jerman, Republik Ceko, Inggris dan Amerika Serikat.

Meski begitu, kunci dari keterampilan foto yang dia miliki banyak berasal dari Novijan Sandjaya (instruktur NV Akademie), Dan kini, Hendro tak ubahnya seorang muda, berbakat dan memiliki mata yang tajam dalam mencari objek dengan cahaya yang luar biasa untuk menciptakan foto yang selalu terlihat megah dan punya nilai seni.

Minatnya dalam keanekaragaman hayati bawah laut ia mulai sejak awal tahun 1989, dan minatnya tersebut mengantarkan ia menjadi PADI rescue diver. Memiliki keahlian foto dan menyelam kemudian ia gabungkan dan hingga 2014 ia telah mengabadikan momen bawah laut seluruh kepulauan Indonesia dan pastinya lebih mengetahui banyak tentang kategori dan pengambilan foto bawah laut.

Prestasinya, di tahun 2012, Hendro Hioe mencapai pengakuan ARPS dari Royal Society Fotografi yang berbasis di Inggris, tak hanya itu di tahun 2014 lalu, Hendro juga menggapai gelar EPSA sebagai apresiasi karya terbaiknya dari masyarakat Fotografi Amerika. [lihatAksesoris Kamera Foto dan Video Bawah Laut]




Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com