6

Ini GPS Khusus Truk

Mengendarai traktor trailer cukup susah. Sehingga, hal yang paling tak dibutuhkan seorang supir truk adalah terjebak menghadapi jembatan gantung rendah atau jalan yang melarang truk lewat.

Truk tak bisa melewati sebagian rute yang terbuka bagi kendaraan-kendaraan lebih kecil, karena itulah para pengemudinya butuh alat navigasi khusus.

Alat ini dibesut oleh sebuah perusahaan asal Belanda bernama TomTom. Alat yang diumumkan di ajang IFA ini dinamai Trucker 5000. Sebuah unit navigasi GPS yang bisa mengkustomisasikan rutenya berdasarkan tipe kendaraan, jenis, berat, kargo dan kecepatan. Yang harus dilakukan pengguna hanyalah mengetik spesifikasinya di layar 5 inci-nya, dan Trucker 5000 akan menjalankan tugasnya.

Ketika sebuah rute dipilih, perangkat itu akan menginformasikan pengemudi mengenai kamera kecepatan dan kondisi lalu lintas. Akan menampilkan secara pasti dimana area-area bermasalah berlokasi sehingga pengemudi bisa merencanakan perjalanannya dan menghindari masalah. Ada juga fitur Active Lane Guidance yang bisa membantu para pengemudi truk agar tetap berada pada lajur yang benar.

Setelah perjalanan tugas mengemudi telah selesai dan giliran perjalanan pulang ke rumah, sang penendara truk hanya tinggal mengganti tipe kendaraan kembali ke normal dan Trucker 6000 akan bekerja seperti GPS lain untuk mobil-mobil biasa. Produk ini kini telah tersedia dan bisa dipesan di situs TomTom dengan banderol $400. Ada juga versi 6 inci yang berbanderol $600.




Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com