Ilustrasi Peselancar Salju Menggunakan Action Cam

Tren Persaingan Kamera Aksi

Anda sering menonton video olahraga ekstrim? Atau kegiatan menantang yang dilakukan orang-orang yang suka menguji adrenalin baik di darat, laut hingga udara?

Rata-rata untuk mengabadikan momen menantang dan petualangan tersebut memakai kamera aksi atau dikenal dengan action camera.

Sudut-sudut pengambilan gambarnya pun beragam tergantung dari mana angle yang diinginkan sehingga hasilnya tampak mengesankan sebagaimana dilakukan para petualang atau altet profesional.

Tren Persaingan Kamera Aksi

Action Cam Polaroid Cube

Arti Kamera Aksi

Sebelum terlampau jauh melihat tren persaingan kamera aksi, sebaiknya kita mengenal kamera aksi itu apa dan bagaimana hebatnya?

Menurut pengertian umum, perangkat ini adalah kamera yang dirancang compact dan kokoh, dengan tombol dan fungsi yang simpel untuk mengabadikan berbagai momen.

Compact yang dimaksud tentunya berbeda dengan camera compact. Meski sama-sama terbilang kecil, namun dari sisi cara penggunaan berbeda. Kamera aksi digunakan atau bisa ditempelkan di bodi atau tempat mana saja yang kita inginkan.

Misalnya di taruh di bahu, kepala, helm atau sepatu. Bisa juga ditaruh di kap mobil, di stang sepeda, di papan selancar, papan skateobard dan lain sebagainya. Sementara kamera digital compact digunakan dengan basis tangan.

Jadi kamera aksi itu bisa memberikan rekaman gambar yang sudut yang sulit atau tidak bisa dilakukan sama kamera biasa. Oleh karena itu, wajar bila kamera aksi disebut sebagai kamera sudut pandang atau point of view.

Tren Persaingan Kamera Aksi

Video Mode Kamera Aksi pada Skateboard

Tren Video

Semakin banyaknya orang yang mengakses video atau streaming semakin potensial untuk kamera-kamera aksi. Sebab saat ini ketika kita ingin melihat sesuatu atau ingin mengetahui suatu teknik baik soal kuliner cara memasak, mengoperasikan ponsel pintar, tips aplikasi komputer, mengenal track jalur mountain bike dan lain sebagainya rata-rata kita melihat dengan video.

Nah, semakin mudahnya akses internet dan kian baiknya jaringan membuat pengguna kamera aksi semakin gampang membagikan akses video petualangannya ke publik, baik lewat online video sharing seperti Youtube, maupun menggunakan jejaring sosial.

Karena menurut banyak prediksi tahun hingga tahun 2017 jumlah pengakses video akan terus tumbuh mencapai angka lebih dari 35 persen dari total penduduk Indonesia. Jadi cukup beralasan bagi para operator untuk selalu menghadirkan dan memperbaiki jangkauan jaringan internetnya hingga ke daerah-daerah agar streaming video atau upload video lebih baik ke depannya.

Sebab kalau jaringan internet semakin bagus, hasil petualangan bisa langsung di-share ke jejaring sosial untuk berbagi dengan orang lain. Jadi tidak perlu lagi harus pulang ke hotel atau rumah untuk mengunggah video hasil perjalanan liburan kita.

Sebagai catatan, bahkan saat ini, kamera aksi semakin luas dalam penggunaannya. Blackmagic yang dikenal sebagai produsen perekam video profesional juga ikut ambil bagian lewat Micro Cinema dengan lensa Micro Fourth Thirds.

Kamera aksi ini dirancang untuk bisa mengabadikan momen menarik dengan ditempelkan ke pesawat tanpa awak atau drone yang kini sedang ramai di kalangan komunitas fotografer maupun videografer.

Tren Persaingan Kamera Aksi

Action Cam Pada Papan Seluncur

Ketatnya Persaingan

Sebagaimana kita ketahui, brand kamera aksi mulai banyak berdatangan untuk meramaikan persaingan pasar. Bukan saja dari produsen kamera atau pembuat aksesoris kamera, brand yang selama ini dikenal dengan ponsel atau tablet juga mulai melihat peluang itu seperti Xiaomi Yi. Terlepas apakah hanya numpang nama, yang jelas persaingan kamera aksi tidak hanya sebatas sesama produsen kamera dan pembuat aksesoris kamera.

Konsumen tentu senang dan diuntungkan dengan ketatnya persaingan tersebut. Sebab persaingan kualitas dan harga yang dibanderol pun akan semakin variatif dalam memberikan pilihan yang luas.

Bahkan menariknya lagi, harga kamera aksi merk Xiaomi Yi dan juga Brica dibanderol 1jt-an, hal ini tentu akan memberikan pengaruh pada pasar kamera aksi ke depan.

Dengan semakin ramai kamera aksi dan terus bermunculannya produk-produk baru dengan harga yang terjangkau di berbagai kalangan, persaingan ketat tentu tak bisa dihindari, dan saat itulah diharapkan semakin banyak lagi penggunaan kamera aksi untuk memenuhi kebutuhan petualangan atau traveler amatir dalam mengabadikan berbagai macam keindahan alam Indonesia.

Tujuannya dalam rangka memperkaya khasanah Nusantara dari ragam alam, budaya dan berbagai pelosok hingga gua-gua yang tak terekspos oleh media televisi. [baca juga : Fungsi dan Eksistensi Kamera Aksi]




Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com