HX-A1 on Bike

Panasonic Beberkan Keunggulan Kamera Aksi HX-A1

Awal juli 2015 merupakan waktu yang cukup penting untuk Panasonic Gobel Indonesia karena produk terbarunya kamera aksi HX-A1 hadir dengan segala keunggulannya baik dari sisi desain hingga fitur perekaman kualitas tinggi.

Dari sisi desain dan kontur material, bentuk silinder model hands-free yang memiliki bobot sekitar 46 gram, action cam ini dapat memudahkan pengguna untuk mengambil gambar lewat berbagai posisi.

Masih menyinggung sisi desain, konstruksi kamera aksi ini sengaja dibuat agar lebih kokoh sehingga mampu bertahan dalam kondisi berdebu, lumpur, air (hingga 1,5 meter), anti benturan hingga cuaca dingin minus 10 derajat, kamera aksi Panasonic HX-A1 masih bisa tetap bekerja dengan baik.

“Di eropa, kite sempat mensponsori sebuah acara bertajuk ‘mud day’ dan diikuti oleh ratusan peserta, untuk mengujinya Kami memberikan satu kelompk 1 unit kamera ini untuk digunakan dan ditempatkan dimanapun sesukanya, dan usai acara seluruhnya unit masih dalam keadaan baik,” ungkap Agung Arifiandi selaku Audio & Digital Imaging Produk Marketer Panasonic Gobel Indonesia.

Menariknya dari kamera aksi ini, lanjut Agung, kualitas hasil yang direkam tersebut cukup baik untuk video dan foto, terbukti pembuatan dokumentasi video ‘mud day’ di eropa tersebut dihasilkan dari dua kamera yakni GH4 dan HX-A1 dari para peserta, dan hasilnya sangat memuaskan.

Tidak sampai disitu penjelasan dari Agung Arifiandi tentang keunggulan kamera aksi Panasonic HX-A1, Fitur unggulan dari kamera ini adalah tersedianya ‘zero lux night mode’. Ini merupakan pengambilan gambar ketika suasana tidak ada cahaya sama sekali, dan HX-A1 bisa melakukannya. [baca juga : Ceruk Bisnis Kamera Aksi di Indonesia]

Teknologi yang dimiliki oleh HX-A1 Panasonic Action Cam dalam mengambil gambar tanpa cahaya sama sekali mungkin bisa dikatakan tidak mungkin, sekalipun gelap, bantuan teknologi infra merah yang sebelumnya juga telah tertanam di beberapa camcorder panasonic yang muncul di sekitar tahun 2000, sudah memiliki teknologi ini.

Tak hanya Panasonic, beberapa merk lain juga telah mengadopsi teknologi infra merah pada camcorder agar bisa mengambil gambar video meski dalam keadaan tanpa cahaya sama sekali.

Secara teknis ketika mengambil gambar menggunakan infra merah tidak terlihat cahaya, namun sebenarnya terdapat sebuah cahaya lampu yakni inframerah yang menyorot area bidik dan itu tidak terlihat secara kasat mata dan dan pada beberapa camcorder keluaran tahun 2000 telah dibuat menyatu, built-in, sehingga ketika mode inframera dinyalakan maka cahaya tak kasat mata khusus infra merah ini aktif.

Satu hal juga yang perlu diketahui adala lensa, pada jenis camcorder sudah bulit-in terpasang lensa khusus merekam modus infra merah tetapi pada kamera aksi terbaru Panasonic HX-A1, cahaya atau senter inframerah dan lensa terpisah dan dikombinasikan secara manual.

Artinya begini, untuk bisa mengunakan fitur unggulan dari kamera aksi Panasonic HX-A1 ini Anda memerlukan 2 komponen yang dipasang yakni barel lensa yang bisa dilepas pasang, kemudian senter atau flashlight khusus untuk inframerah. Semua harus terpasang dan senter inframerah harus aktif, jika senter khusus inframerah ini tidak aktif maka merkipun lensa IR telah terpasang maka perekaman tetap tidak terlihat apapun alias gelap gulita.

Fitur unggulan kedua yang menjadi titik fokus ulasan adalah konektivitas, keunggulan kamera aksi HX-A1 Panasonic dari sisi koneksi adalah kemampuan mengirim hasil foto atau video melalui layanan wifi direct menuju smartphone, saratnya tentu harus terdapat aplikasi Panasonic Image App pada smartphone, lakukan pairing dan koneksi terhubung.

Untuk menyalakan wifi tekan tombol ‘mode’ kurang lebih 1,5 detik, kemudian lampu indikator menyala dan ketika lampu indikator wifi tersebut blinking maka tekan kembali tombol ‘mode’ kurang lebih 2 detik agar lampu indikator standby terus menyala, jika menyala maka wifi di kamera action cam HX-A1 aktif dan koneksi menuju smartphone bisa dilakukan.

Fitur unggulan kamera aksi HX-A1 Panasonic berikutya adalah Loop Recording dan Slow Motion Recording. Untuk Slow Motion Recording telah dijumpai banyak di kamera dan camcorder yakni sebagai perekaman video namun hasilnya memutar dengan gerak lambat, namun yang menarik adalah Loop Recording, Panasonic Action Cam HX-A1 ini mampu memutar ulang perekaman kembali dan menghapus memori perekaman awal dan seterusnya jika memori yang dimiliki habis, sayangnya pemutaran kembali ini tidak bisa dinonaktifkan.

“Loop Recording ini tidak bisa dinonaktifkan dan tidak ada switch on/ off, jadi untuk petualang yang berhasil menemukan peradaban kota maka segeralah isi ulang atau pindai hasil rekam setelah menempuh perjalanan, canda Agung kepada wartawan.

Mudah-mudahan saja kehadiran action cam jenis ini bisa menjadi alternatif alt dkumentasi pilihan penyuka petualang. Harga kamera aksi Panasonic HX-A1 ini dibanderol Rp 3,4 juta, lengkap dengan aksesoris seperti tripod mount, kemudian lensa IR, dan multimount dilengkapi belt. [baca juga : Tipe & Harga Kamera Aksi Pilihan]

 




Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com