Ilustrasi Jepretan Menggunakan Action Cam

Fungsi dan Eksistensi Kamera Aksi

Anda tentu mengenal GoPro. Pelopor kamera aksi yang bisa digunakan untuk merekam berbagai kegiatan, khususnya petualangan yang menantang. Selain pendahulu, fungsi dan eksistensi kamera aksi jenis ini dijadikan sebagai influence.

Tanpa sadar ketika membicarakan kamera aksi maka yang terbayang pertama adalah GoPro. Karena dalam beberapa tahun terakhir GoPro semakin dikenal khususnya di kalangan videografer berkat kemampuan rekamnya yang semakin baik.

Kami pun sering menggunakan GoPro karena jangkauan lensanya yang lebar sehingga sangat nyaman untuk merekam lingkungan sekitar untuk tracking sepeda gunung. Biasanya digunakan di helm atau stang sepeda. Dan seperti itulah fungsi yang dimiliki hingga sekarang.

Meski sudah beberapa tahun kamera aksi GoPro hadir di Indonesia, namun eksistensi kamera aksi ini hanya sebagian yang menggunakan. Mereka adalah orang yang suka mengabadikan kegiatan outdoor seperti pesepeda gunung, pemain skateboard, pendaki gunung, pemanjat tebing, penjelajah gua hingga penikmat arum jeram. Itu beberapa tahun lalu.

Namun pada perkembangannya, GoPro semakin terkenal saat dua tahun terakhir kamera aksi mulai bermunculan dari beberapa brand. Sehingga aksesoris bagi penyuka olah raga ekstrim di luar negeri ini perlahan mulai banyak digunakan oleh masyarakat umum dalam negeri, utamanya para traveler atau petualang.

Fungsi dan Eksistensi Kamera Aksi

Lebih Simpel dan Praktis

Pertanyaannya; kenapa kamera aksi lebih populer untuk kaum petualang?

Padahal secara teknis tak ubahnya seperti kamera biasa. Bahkan tak memiliki zoom.

Diantaranya, keunikan sudut bidik lebar hingga menyerupai fish eye, kemudian memiliki aperture besar, disertai pemakaian yang simpel dan bisa mengabadikan momen unik dari sudut pandang tak lazim, maka menjadi alasan digemari oleh khalayak penyuka video atau foto.

Juga kebanyakan dirancang memiliki daya tahan yang tangguh sehingga siap menemani petualang di darat hingga ke laut atau sungai. Selain itu, terdapat pula sekrup monopod yang bisa dipasang sehingga kamera ini bisa ditempelkan di berbagai tempat. Dan banyak pula aksesoris yang dapat digunakan bersama kamera aksi.

Fungsi dan Eksistensi Kamera Aksi

Alternatif Point of View 

Inilah yang sekarang hangat diperbincangkan. Fungsi dari jenis-jenis kamera aksi yang ada saat ini adalah sebagai alternatif point of view yang tidak bisa dilakukan oleh kamera biasa pada umumnya.

Memberikan sudut pandang atau perspektif baru dalam sebuah pengambilan gambar foto dan video. Kebanyakan unit kamera aksi memiliki jangkauan sudut bidik lensa hingga 170 derajat. Sebab kamera aksi memang dirancang untuk satu tujuan mengabadikan momen dari sudut, posisi, atau kondisi yang hampir tidak mungkin dan tidak bisa dilakukan dengan kamera biasa.

Jadi kamera aksi bisa dipakai pada tubuh atau diman saja. Misalnya di kepala, dada kemudian lengan dengan bantuan aksesoris khusus yang sepadan tentunya. Bisa pada handle bar sepeda gunung dan motor cross, ujung papan surfing, helm, kap mobil, motor, paralayang dan tempat-tempat lainnya. Dari situlah istilah sudut pandang muncul. [baca juga : Ceruk Bisnis Kamera Aksi di Indonesia]

Dan tren kamera aksi yang awalnya mungkin hanya digunakan oleh kalangan tertentu seperti atlet, traveler, tapi kini fotografer dan videografer serta masyarakat umum sudah mulai banyak menggunakannya.




Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com