3

Inilah Wearable untuk Sapi

Wearable sedang tren di tahun 2015. Teknologi yang digunakan manusia untuk menghitung kalori, olahraga, mood dan jadwal bisa diaplikasikan pula ke makhluk-makhluk lain yang butuh pengawasan kebugaran atau kesehatan. Quantified Ag adalah sebuah alat yang menggunakan teknologi yang sama dengan FitBit. Bedanya, wearable ini dipasangkan pada sapi.

Saat ini, ada 29 juta sapi ternak di Amerika Serikat saja. Menurut hasil riset, ada seperdelapan dari sapi-sapi tersebut yang menunjukkan tanda-tanda tak sehat. Quantified menambahkan teknologi pintar pada penanda telinga yang biasa digunakan pada hewan-hewan di peternakan. Penanda ini bisa memahami gerakan, seperti langkah dan posisi kepala, serta temperatur suhu. Misalnya, seekor sapi yang sedang berdiri sendirian dengan kepala rendah bisa dibawa ke dokter hewan untuk dicek kesehatannya.

Seorang penjaga peternakan mungkin tak tahu bahwa sapi itu berdiri di sana sepanjang waktu. Namun, penanda ini bagaikan mata-mata ahli yang mengawasi setiap hewan bertanda. Tak seperti manusia, penanda ini tak mungkin melewatkan apa pun.

Para manajer bisa menggunakan aplikasi web untuk mengecek masing-masing individu. Hal ini akan berujung pada sapi yang lebih bahagia, sehat dan aman. Dengan mengecek tanda-tanda sakit sejak dini, para pengelola peternakan bisa mengurangi biaya kerugian yang akan dialami jika terlambat mendeteksi penyakit.




Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com