Canon Powershot SX520HS-2

Uji Fitur Unggulan Kamera Canon Powershot SX520HS

7.6

Canon Powershot SX520HS seperti ‘nekat’ melawan jajaran tren kamera kompak dan mirrorless dengan segudang keistimewaannya. Meski jenis kamera prpsumer ini tak lagi memiliki pamor namun Canon tetap melansir dengan fitur unggulan yang tentu tak dimiliki kamera kompak dan mirrorless, yaitu optical-zoom. Seperti apa kehebatan fitur unggulan kamera Canon Powershot SX520HS, berikut ulasannya.

Ceruk tersebut memang tak dimiliki kamera tanpa ruang cermin, apalagi kamera kompak, kemampuan zoom yang dimiliki mirrorless dan posket amat sangat terbatas. Mirrorless masih harus menggunakan lensa tambahan, itupun harus membayar mahal dengan harga lensa dengan focal length lebih dari 100mm untuk genre telephoto, sedangkan jenis kompak kamera saku tentu belum bisa diharapkan.

Menguji fitur unggulan kamera Canon Powershot SX520HS ini sengaja Kami lakukan mengambil objek jarak jauh dan menurut Kami, itulah kelebihan dari SX520HS, pencitraan 16MP dan kemampuan zoom optical yang super hingga 42x ini sulit bersanding dengan mirrorless dan kamera kompak pastinya.

Menguji Fitur Unggulan Kamera Canon Powershot SX520HS

Canon Powershot SX520HS-1

Familar dan Mudah Digunakan

Desain yang dimiliki Powershot SX520HS masih terlihat sama dengan beberapa jenis prosumer genre telephoto milik canon, memiliki lensa tele optical yang menyatu dengan body, tombol shutter yang berdekatan dengan tuas exposure mode, kontrol menu dan navigasi yang berada di bagian belakang bersama layar ukuran 3 inci, serta slot kartu ekternal jenis SD yang tersimpan bersama dengan baterai.

Hasilnya, boleh dibilang siapapun yang akan menggunakan kamera ini tak akan merasa kesulitan. Kami yakin untuk pengguna pemula sekalipun mampu menggunakan dan mengeksplorasi fitur yang ada, pasalnya deret tombol navigasi yang dimiliki boleh dikatakan itu-itu saja yang secara umum dapat dipahami oleh pengguna pemula sekalipun.

Semua sepertinya mudah untuk dijamah dan mudah pula untuk dicoba sehingga pengguna tinggal memilih pengaturan yang disuka melalui exposure mode, karena melalui kontrol tuas ini pengaturan pabrik yang dimiliki akan secara otomatis mengatur sehingga Anda akan mendapatkan kualitas gambar layak seorang professional fotografer.

Hanya saja untuk melakukan eksplorasi imajinatif dari jepretan, Anda harus lebih mendalam dengan memilih filter yang akan digunakan, dan Powershot SX520HS menyediakan cukup beragam. Anda bisa memilih gambar kreatif yang dihasilkan berdasarkan 3 bagian yakni berdasarkan Exsposure Mode, Creative Shot dan Creative Filter.

Untuk gambar kreatif pada Exposure Mode meliputi; Vivid, Neutral, Sepia, B/W, Positive Film, Lighter Skin Tone, Darker Skin Tone, Vivid blue, Vivid Green, Vivid Red, Custom Color options. Sementara Creative Shot tersedia beberapa pilihan juga seperti; Retro, Monochrome, Special, Natural dan Auto. Menariknya pada Creative Shot adalah sistem pada kamera ini akan merekam 6 variasi komposisi gambar berdasarkan Retro, Monochrome, Special, Natural dan Auto.

Sedangkan untuk pilihan ketiga yakni Creative Filters Anda bisa memilih; Fish-eye, Miniature, Toy Camera, Monochrome, Super Vivid dan Poster effects. Semua bisa Anda coba untuk menambah kreatif hasil gambar Anda.

Menguji Fitur Unggulan Kamera Canon Powershot SX520HS

Canon Powershot SX520HS-3

Mantap Untuk Video dan Telephoto

Saat kamera ini Kami uji, maka deretan menu serta fitur unggulan kamera Canon Powershot Sx520HS yang dimiliki terasa mudah digunakan. Untuk kemampuan video adalah fitur pertama kali yang Kami uji, dan hasilnya cukup baik pada cakupan bidik lensa lebar, sementara zoom skala menengah sensor agak lemah dalam melakukan fokusing objek.

Saran Kami untuk modus video hand-on maka usahakan tanpa melakukan zoom, sementara jika kebutuhan zoom maka gunakan tripod dengan pemberat karena kamera ini cukup sensitif dengan getaran meski telah dibekali dengan image stabilizer.

Sementara untuk modus foto, fokus utama pengujian adalah pada super optical zoom yang dimiliki, dan hasilnya cukup memuaskan. Pada zoom maksimal yakni 42x zoom atau setara dengan 1008mm hingga digital zoom, objek yang berhasil direkam cukup baik, padahal tanpa menggunakan tripod. Namun begitu untuk penggunaan zoom gunakanlah tripod baik modus foto ataupun video.

Sayangnya, untuk kecepatan AF dalam momen tertentu yang cepat kamera ini belum mumpuni, apalagi dalam suasana temaram yang minim pencahayaan, sudah pasti kombinasi AF dan shutter akan lamban untuk merekam momen.

Meski begitu untuk momen still foto dan video maka kamera ini boleh diandalkan. Itu tentu bukanlah kesimpulan akhir, sebagai penutup maka Kami mempredikatkan kamera ini sebagai prosumer yang mantap untuk video dan telephoto.

Menguji Fitur Unggulan Kamera Canon Powershot SX520HS

Side by Side Canon Powershot SX520HS

Plus-Minus Powershot SX520HS

Satu-satunya yang memberikan kekecewaan dari kamera ini adalah kecepatan shutter yang dimilikinya dan sistem AF. Dan sayangnya keduanya amat sangat berhubungan, shutter akan dengan lamban melakukan jepretan menunggu penguncian AF secara otomatis, nah untuk momen cepat maka Canon Powershot SX520HS tak bisa diharapkan.

Itu adalah apa yang dirasakan ketika membawa kamera ini dalam sebuah seremonial, meski cukup cahaya namun kecepatan focus dan shutter lamban, perubahan modus eksposure pun dilakukan namun hasilnya tetap sama. Jarak pengambilan gambar objek dan kamera sekitar 68 meter kurang lebih.

Teknologi optical zoom kamera ini mampu melakukan pendekatan maksimal hingga 42x zoom atu setara dengan 1008mm. Tapi itupun ada sisi lemahnya yakni peredam getar tak terlampau berfungsi, alhasil penggunaan tripod atau penyanggah mutlak diperlukan saat melakukan pengambilan gambar menggunakan fitur telephoto.

Dan sayangnya, fitur telephoto di Indonesia tak begitu banyak diminati, keindahan alam membuat ‘mata’ orang Indonesia lebih menyukai panorama atau landscape. Dibandingkan telephoto maka kebanyakan lebih menyukai makro atau detil sebuah objek, buka tele zoom.

Sebagai bukti sederhana banyak orang yang tak mempermasalahkan panjang fokal lensa, tetapi lebih pada pencitraan atau resolusi megapixel, dan kegunaan kamera secara umum adalah mendokumentasi keluarga ataupun diri sendiri saat melakukan perjalanan berlibur hingga selfie. Itulah uji fitur unggulan kamera Canon  Powershot SX520HS, harga kamera Canon Powershot SX520HS ini dibanderol sekitar 4 jutaan.

Spesifikasi Canon Powershot SX520HS

Lens : 24mm – 1008mm

Max Aperture : f/3.4 – f/6

Optical Zoom : 42x

Image Sensor : CCD 16Mp

Focusing : Manual, Face Detection, AF Tracking, Multi, Centre

ISO sensitivity    : 100 – 3200

Video : 1920×1080 30fps

Image Stabilisation : Yes

Storage : SD

Battery Type : Lithium Ion Battery (NB-6LH)

Dimensions : 120mm x 81.7mm x 91.9mm

Weight : 441g

Price : Rp 4.000.000,-

The Breakdown


Design
7
Features
8
Performance
7
Image Quality
8
User Interface
8




Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com