tutorial-app-zoom

ScoreCleaner Notes Aplikasi Penterjemah Suara Menjadi Not Balok

tutorial-app-zoom
Aplikasi kini berkembang pesat dibermabai OS smartphone maupun tablet. Baru-baru ini tim peneliti dari KTH Royal Institute of Technology di Swedia mengembangkan aplikasi yang dapat langsung mengubah lagu yang didengungkan atau nyanyikan menjadi partitur berupa notasi balok dalam komposisi lagu.

Cara kerja ScoreCleaner Notes yaitu mendengarkan melodi atau nada yang Anda nyanyikan melalui mikrofon aplikasi untuk kemudian ditulis menjadi not balok untuk Anda. Tak hanya itu, bagi yang gemar berselancar di dunia maya ,seperti media sosial atau email, melalui aplikasi itu, tanpa perlu mengetahui cara membaca atau menulis not balok musik, menjadi tahu.

Dikutip dari Gimazg, aplikasi ini dikembangkan oleh dua insinyur komputer yakni Sven Emtell dan Sven Ahlback. Emtell mengatakan ia ingin merevolusi industri musik melalui aplikasi ini. Cara menggunakan ScoreCleaner Notes cukup mudah, Anda cukup membuka aplikasi ini kemudian tekan Record lalu mulai bernyanyi atau bersenandung. Aplikasi ini akan menerjemahkan irama dan melodi Anda menjadi not balok di lembaran musik.

Aplikasi ini juga memiliki versi desktop yang dapat memahami dan mentranskripsi serta menerjemah dari suara ke not balok tidak hanya melodi sederhana yang dinyanyikan oleh Anda, tetapi juga dari suara polifonik yang dimainkan. Synthesizer midi yang terhubung dengan komputer memiliki peranan penting untuk menuliskan musik ini lengkap dengan pitchnya.

Sementara bagi mereka yang sudah mahir membaca notasi, software ini menawarkan layanan antarmuka sederhana untuk menavigasi komposisi yang berbeda. Sehingga, pengguna akan mendapatkan gambaran dari rekaman yang berbeda.
Saat ini ScoreCleaner Notes saat ini hanya tersedia di iOS saja dan belum ada informasi lebih lanjut apakah akan hadir di platform lain atau tidak.




Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com